Senin, 19 Agustus 2013

Elektronika ???....

" Apa itu elektronika " . Pada kesempatan ini saya coba menjelaskan , Elektronika ber-asal dari kata Elektro yang berarti sesuatu yang mempunya aliran (arus) yang mengalir padanya seperti Electron, Elektroda, Elektro Magnit dan lain-lainnya. Jadi Elektronika adalah sesuatu yang mempunyai aliran Listrik yang bentuknya kecil-kecil, kecil-kecil disini yaitu komponen dari elektronika tersebut. Elektronika sekarang ini sangat berkempang pesat, seperti contohnya di dunia Elektronika dalam hal ini yaitu Tape, Radio, VCD, DVD, TV, Camera DIGITAL, dan yangg lebih cangih lagi yaitu Komputer, yang semuanya itu menggunakan komponen Elektonika di dalamnya. Komponen-komponen elektronika ini yang mempunya peranan penting dalam dunia elektonika, seperti contoh : Transistor , resistor , dioda , kapasitor , Ic  dll.

Menurut WIKIPIDIA Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi.

Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini disebut sebagai peralatan elektronik (electronic devices). Contoh peralatan (piranti) elektronik ini: Tabung Sinar Katode (Cathode Ray TubeCRT), radioTV, perekam kaset, perekam kaset video (VCR), perekam VCD, perekam DVD, kamera video, kamera digitalkomputer pribadi desk-top, komputer Laptop,PDA (komputer saku), robotsmart card, dll.

Ini sebagian kecil dari komponen Elektronika yang sering digunakan untuk media pembuatan Seperti Radio, Tape, DVD, VCD, TV dan lain-lainnya.Untuk lebih mengerti lagi tentang elektronika kita harus tahu dasar-dasar atau bisa juga mengenal lebih dekat dengan komponen Elektronika, yang seperti tertera di atas. Untuk kali ini sampai disini dulu , lainkali akan saya post komponen- komponen elektronika , semoga bermanfaat


2 komentar:

  1. uji cobanya udah jadi ta pak...??? #gambar_poster/profil

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia segera di upload n jangan lupa , hasil uji coba di poskan di kolom komentar

      Hapus